Pakai Acne Patch Sebelum Make Up? Why Not!

Acne patch banyak ditemukan dikalangan wanita, baik remaja maupun dewasa. Pada dasarnya, acne patch yang juga dikenal dengan sebutan pimple patch ini berfungsi untuk mengempeskan jerawat. Acne patch hanya perlu ditempelkan ke bagian jerawat, dan biasanya digunakan pada malam hari agar keesokan harinya jerawat tersebut kempes.

Permasalahan jerawat dapat mengganggu aktivitas, terutama bagi beberapa wanita. Namun tak perlu ragu karena Anda dapat menggunakan acne patch untuk menyembunyikan jerawat dibalik makeup yang Anda gunakan. Acne patch dapat disamarkan dengan makeup, sehingga Anda dapat tetap tampil sempurna dan jerawat tidak terkontaminasi dengan residu makeup. Sebelum mengetahui tips untuk menggunakan acne patch sebelum makeup, kita akan mengulas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan acne patch.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan acne patch:

  1. Gunakan Acne Patch sesuai Kebutuhan

acne
Acne patch memiliki dua tipe yaitu acne patch untuk digunakan pada jerawat kering dan jerawat yang masih matang
. Acne patch yang digunakan untuk jerawat kering mengandung hydrocolloid yang dapat menyerap cairan sehingga jerawat lebih cepat kering dan menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan kandungan pada acne patch untuk jerawat yang masih matang yaitu bahan tea tree oil dan salicylic acid yang dapat mencegah inflamasi dan menenangkan area jerawat yang meradang.

  1. Tips Dalam Memilih Acne Patch

acne
Setelah menemukan tipe acne patch yang sesuai kebutuhan, selanjutnya Anda perlu memperhatikan ukuran patch. Ukuran patch yang dianjurkan yakni ukuran yang lebih besar dari jerawat Anda agar hasil kerja acne patch lebih maksimal. Kemudian, perhatikan ketebalan acne patch. Untuk membuatnya terlihat natural ketika ditempel di wajah, Anda dapat memilih acne patch yang setipis mungkin.

Tips menggunakan acne patch sebelum makeup:

  1. Sebelum menempelkan acne patch, pastikan Anda telah mencuci muka dan telah kering sepenuhnya.
  2. Setelah menempelkan acne patch, gunakan skin care Anda di bagian selain area yang telah ditempel acne patch.
  3. Anda bisa melanjutkan pemakaian makeup di atasnya. Aplikasikan makeup dengan sangat perlahan di sekitar acne patch, agar makeup tidak terlihat cakey.

Setelah penggunaan acne patch, Anda perlu membersihkan permukaan kulit untuk melepaskan sisa lem dari patch. Anda juga dapat melakukan eksfoliasi terhadap kulit untuk mengangkat sel kulit mati agar meminimalisir bekas jerawat (eksfoliasi hanya boleh dilakukan ketika jerawat sudah mengempis).

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui yakni ketika melakukan aktivitas yang berat, Anda disarankan untuk tidak memakai acne patch karena keringat dapat membuat jerawat semakin parah. Untuk penggunaannya, acne patch perlu diganti setelah 12 jam.

 

Leave a Reply