Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami Tanpa Operasi

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Struktur kulit pada manusia terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya ialah epidermis, dermis dan subkutis

1. Epidermis
Epidermis adalah lapisan kulit paling luar, yang berfungsi sebagai benteng pertama terhadap paparan dari lingkungan sekitar, termasuk sinar UV dari matahari. Lapisan ini berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit.

2. Dermis
Dermis adalah lapisan kulit dibawah epidermis. Struktuk lapisan ini menyumbang 90% ketebalan tubuh , terdiri dari elastin yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan pada kulit dan kolagen untuk mengencangkan kulit.

3. Subkutis
Subkutis adalah lapisan terdalam kulit dan strukturnya tersusun dari sel lemak dan lapisan pelengkap kulit, seperti jaringan ikat, pembuluh darah dan saraf, kelenjar keringat,serta folikel rambut.

pada umur 25 tahun, manusia mengalami proses yang dinamakan aging process atau sering dikenal dengan proses penuaan, proses ini di tandai dengan timbul garis halus terutama di area mata, pori pori membesar, kulit kusam, flek hitam, dan kulit terasa kendur atau hilangnya elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia penuaan di wajah disebabkan karena produksi kolagen.

Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Menjadi Kendur 

Berikut adalah faktor-faktor Penyebab penuaan pada kulit kulit
1. Genetik
Salah satu faktor terjadinya penuaan adalah faktor genetik, karena genetik sendiri yang menentukan struktur dan tekstur kulit.

2. Radiasi Sinar Ultra Violet
Sinar Ultra Violet atau sering dikenal dengan sinar UV yang di pancarkan oleh matahari, memiliki kandungan UV A yang dapat menimbulkan masalah aging atau penuaan, dan UV B menimbulkan sunburn (kulit terbakar), kedua sinar tersebut dapat merusak kesehatan kulit dan memicu kanker kulit.

3. Stress
Terlalu sering stress dapat mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang, dimana hal tersebut dapat mengurangi protein dalam kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas pada kulit.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Manis
Konsumsi makan dan minuman manis secara berlebihan dapat merusak kolagen dan produksi kolagen terhambat sehingga elastisitas kulit menjadi berkurang.

5. Konsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol sendiri dapat mempercepat penuaan dikarenakan alkohol sendiri dapat mengurangi kadar vitamin A yang merupakan antioksidan kuat dan juga memiliki peranan penting dalam porduksi kolagen.

6. Kurang Tidur
Kurang tidur dapat menyebabkan timbulnya keriput karena proses regenerasi yang bisa memulihkan dan membantu sel saraf untuk membangun jaringan yang kuat terjadi pada saat tidur.

7. Jarang Berolahraga
Jarangnya berolahraga akan menyebabkan produksi kolagen menjadi lambat dikarenakan berolahraga secara rutin mampu membantu sirkulasi darah dan dapat meningkatkan produksi kolagen.


Baca Juga : Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Tubuh


Bagaimana Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami


Berikut adalah langkah langkah untuk mengencangkan kulit wajah secara alami.

1. Vitamin anti aging
Penuaan sendiri terjadi ketika menghilangnya secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki/ mengganti diri sehingga tidak dapat mempertahankan struktur dan fungsi normalnya. Dengan mengkonsumsi vitamin yang kayak akan Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B3, dan Vitamin A akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sinar UV maupun faktor lainnya.

2. Menggunakan sunblock
Penggunaan sunblock setiap waktu baik saat di outdoor maupun indoor akan membantu dalam menangkal paparan sinar UV yang dapat menembus kaca.

3. Mengkonsumsi Air putih
Dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup akan membantu menjaga kelembabapan kulit, asupan air membantu memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit sekaligus meningkatkan elastis kulit , dan membuat kulit tanpak sehat serta kenyal.

4. Menjaga pola hidup sehat
Menjaga pola hidup sehat sangatlah penting, terutama untuk menjaga kesehatan kulit, berolahraga secara rutin dapat membantu produksi kolagen pada tubuh menjadi lebih baik, memakan makanan kaya akan Vitamin A , C , E dan Vitamin B3 dapat membantu menjaga elastisitas kulit, hindari makan dan minuman manis yang dapat menghambat produksi kolagen, terutama alkohol selain mengandung gula yang tinggi, alkohol juga dapat mengurangi kadar vitamin A yang berperan penting dalam memproduksi kolagen.

5. Treatment
Lakukan perawatan wajah dengan teratur yang dapat membantu merangsang produksi kolagen pada kulit, Di la Lumiere sendiri terdapat Perawatan Kulit Wajah yang mampu mengencangkan kulit wajah akibat penuaan, kulit kembali kencang dengan cara alami non-invasif dan tidak adanya waktu pemulihan (no downtime) yaitu dengan Thermage FLX.

Thermage FLX adalah perawatan kulit wajah dengan teknologi energi Radio Frequency (RF) yang berguna untuk memanaskan kulit hingga lapisan dalam kulit. Gelombang energi yang keluar akan merangsang produksi kolagen didalam kulit. Dengan teknologi handpiece yang memiliki cryogen berfungsi untuk mendinginkan kulit agar kulit tetap nyaman ketika Treatment Wajah dilakukan, dan hanya dengan sekali perawatan THERMAGE FLX hasilnya bisa langsung terlihat.Tekstur kulit wajah yang tidak rata dan kerutan wajah dapat teratasi tanpa proses pembedahan, tanpa proses operasi dan terhindar dari rasa sakit ketika perawatan.Dikarenakan pada thermage sendiri terdapat comfort pulse,
yang memberikan energi lebih efisien dengan menyebabkan getaran pada permukaan kulit sehingga meminimalisir dari rasa sakit. Hanya dengan waktu 30 – 90 menit Thermage memiliki banyak manfaat diantaranya :
• Mengencangkan kulit wajah kendur
• Menghilangkan kerutan wajah
• Peningkatan kontur garis rahang
• Membantu mengecilkan pori pori wajah
• Menghaluskan tekstur kulit
• Menstimulus kolagen
• Menghilangkan kulit kendur pada bagian dagu