Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Bagi kamu yang menggemari produk kecantikan tentu tidak asing lagi dengan istilah kolagen. Karena dalam produk kecantikan seperti masker, pelembab, hingga produk sampo, kondisioner dan sabun memiliki kandungan kolagen.


Mungkin bagi kamu yang masih asing dengan istilah kolagen, La Lumiere Aesthetics mengajak kamu untuk mengenal apa sih itu kolagen dan manfaatnya untuk tubuh kamu.


Kolagen adalah protein dalam tubuh yang ada secara alamiah yang berperan baik untuk menjaga kesehatan kulit, gigi hingga otak. Dengan manfaat yang baik untuk kulit, kolagen akan membuat kulit lebih lembab tidak cepat kendur, cerah dan bersinar.


Tapi perlu kamu ketahui, produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kolagen.


Untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kamu dapat mengkonsumsi makan yang banyak mengandung kolagen seperti susu, daging, telur, makanan laut. Hal ini dilakukan agar manfaat kolagen untuk kesehatan tetap dapat dirasakan.


Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Tubuh


Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen dengan benar dan teratur, kamu dapat merasakan manfaat kolagen tersebut untuk tubuh kamu.


Sebelumnya apakah kamu mengetahui apa saja manfaat kolagen dalam kecantikan kulit dan kesehatan tubuh? Berikut diantaranya:

1. Membantu mempertahankan kesehatan kulit


Manfaat kolagen yang pertama kali akan dirasakan jika dapat menjaga kesehatan kolagen dalam tubuh kamu adalah kesehatan kulit kamu akan bertahan dan terjaga. 


Kolagen dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan senantiasa terjaga kelenturannya. Selain itu, kolagen juga dapat menghaluskan semua garis-garis atau kerutan yang terdapat pada kulit.


Kadar kolagen yang simbang dalam tubuh juga dapat membantu melembabkan kulit, memperkencang kulit, serta dapat membantu memperlancar sirkulasi darah menuju kulit dalam tubuh.


2. Membantu proses penyembuhan cedera dan luka


Manfaat kedua yang didapatkan dari kadar kolagen yang simbang dalam tubuh lainnya adalah kolagen dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan dari luka maupun cedera yang kamu alami. 


Ketika kamu mengalami suatu cidera atau memiliki luka, secara otomatis tubuh akan merespon dengan cara melakukan recovery atau pemulihan sebagai upaya untuk penyembuhan terhadap tubuh yang mengalami cidera atau memiliki luka.


3. Membantu perlambatan penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit


Kolagen memiliki manfaat yang sangat berhubungan dengan memperlambat proses penuaan serta dinilai dapat membantu meningkatkan proses peremajaan kulit. 


Kolagen dapat membantu dalam mempercepat regenerasi kulit dan menggantikan sel-sel kulit yang mati dengan sel-sel kulit yang baru. Itulah alasan mengapa banyak orang dan ahli yang mengatakan bahwa kolagen sangat baik untuk kulit wajah.


4. Membantu mengurangi selulit pada kulit


Penyebab besar terjadinya selulit kulit adalah disebabkan oleh naik atau turunnya berat badan yang dialami oleh seseorang. 


Selulit kulit dapat dihilangkan dengan cara mengkonsumsi kolagen dengan kadar yang cukup untuk tubuh, kandungan kolagen yang cukup bahkan memenuhi kebutuhan dapat membantu mengurangi keberadaan selulit dalam tubuh.


Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Selulit Pada Paha


5. Membantu mengurangi berat badan serta membakar lemak


Didalam kolagen terkandung glisin yang terkonsentrasi disertai dengan asam amino yang memiliki kegunaan sebagai bahan bakar untuk membantu menguatkan otot di tubuh.


Bahan bakar itu juga dapat membantu menghilangkan dan mengurangi lemak yang ada pada tubuh yang menjadi penyebab utama obesitas.


Apabila lemak telah berhasil dibakar oleh kolagen, berat badan akan otomatis turun dengan sendirinya jika kamu dapat memenuhi kebutuhan kolagen dalam porsi yang cukup dan tepat.


6. Meningkatkan Massa Otot


Selain dapat membantu menyelesaikan permasalahan pada kulit, kolagen juga dapat menambah massa otot guna membantu seseorang yang mungkin mengalami penyusutan otot yang disebabkan oleh penyakit. 


Kolagen juga dapat membantu memperkokoh dan meningkatkan kekuatan pembuluh darah, membantu meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.


7. Membantu meredakan nyeri sendi


Kolagen memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat lain dari kolagen adalah kolagen mampu membantu meningkatkan kualitas kesehatan tulang, otot dan sendi manusia. 


Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen serta suplemen-suplemen yang mengandung kolagen tinggi akan dapat dengan mudah mengatasi berbagai masalah yang memiliki hubungan dengan radang sendi dan lain sebagainya.


8. Memperlancar sistem pencernaan


Kolagen yang berada di jaringan ikat yang ada di organ usus dapat membantu mendukung serta memberikan kekuatan lapisan yang berguna untuk melindungi saluran sistem pencernaan. 


Kesehatan usus akan terjaga apabila kebutuhan kolagen di bagian usus terjamin karena kolagen di bagian usus memiliki fungsi lain yang dapat membantu penyerapan air di organ usus.


9. Memelihara kesehatan tulang


Kolagen dapat sangat membantu permasalahan yang terjadi di tulang. Kepadatan pada tulang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. 


Kolagen akan mengambil peran penting dalam membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar tulang senantiasa memiliki kepadatan dan dapat berfungsi dengan baik. Kolagen juga dapat dengan mudah membantu mencegah pengeroposan pada tulang.


Seiring dengan berkembangnya zaman, produksi kolagen juga dapat dilakukan dengan perawatan menggunakan teknologi canggih.


La Lumiere Aesthetics memiliki perawatan untuk meningkatkan produksi kolagen tanpa melakukan pembedahan, tanpa rasa sakit, dan tanpa efek samping.


Tertarik untuk meningkatkan kadar kolagen dengan treatment di La Lumiere? Hubungi Kami sekarang juga dan nikmati pengalaman treatment yang berbeda dan tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan tubuh Anda.