Cara meratakan kulit belang akibat sinar matahari

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Penyebab kulit belang disebabkan karena seringnya beraktivitas dibawah sinar matahari. Kandungan ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari akan menyebabkan kulit yang terpapar secara langsung akan menjadi lebih hitam bila dibandingkan dengan kulit yang tetrtutupi oleh busana. Kandungan UVA dan UVB yang terdapat pada matahari akan memberikan efek negatif pada kulit. Permasalahan kulit akan muncul seiring dengan seringnya kulit terkena paparan sinar matahari langsung tanda ada nya perlindungan, mulai dari terbakar, kulit menjadi kering, munculnya keriput, mengalami penuaan dini hingga kanker kulit. Untuk terhindar dari hal tersebut maka di anjurkan untuk menggunkan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas diluar.
Baca Juga : Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami Tanpa Operasi
Penyebab kulit Belang
Pada dasarnya tubuh manusia memiliki system perlindungan diri sendiri untuk menangkan paparan sinar UVA dan UVB, yaitu tubuh akan memproduksi pigmentasi yang bernama melanin yang berfungsi untuk memperbaiki serta melindungi sel-sel yang terganggu akibat radiasi. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, kulit yang terpapar sinar matahari secara terus menerus dapat mengganggu sel kulit sehingga warna kulit akan berubah menjadi lebih gelap selain itu paparan sinar matahari secara terus menerus dapat mengakibatkan Kulit kusam dan salah satu penyebab kulit kendur . Selain dari paparan sinar matahari, kulit belang sendiri bisa berasal dari factor lain salah satunya paparan polusi, partikel yang terkandung dan udara kotor akan menyebabkan bercak bercak kecoklatan pada kulit. Perubahan hormone sendiri dapat menyebabkan kulit menjadi belang, hal ini sering di alami oleh ibu hamil atau wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, selain itu penggunakan kosmetik yang tidak cocok di kulit dapat menjadi faktor penyebab kulit menjadi belang.

Cara Atasi Kulit Belang


Kulit yang sudah terlanjur belang dapat menjadi rata kembali dengan melakukan beberapa cara berikut adalah cara mengembalikan kulit belang

Baca Juga : Kenali Apa itu Rosacea, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

1. Gunakan Tabir Surya
Tabir surya sendiri terbukti secara efektif dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan meratakan warna kulit kembali. Gunakan tabir surya secara rutin baik disaat aktivitas diluar maupun di dalam ruangan. Pilih tabir surya yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari seperti SPF 30 yang terbukti efektif dalam menangkal 97% UVB dan PA+ yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA.

2. Lakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi sendiri adalah perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel mati sehingga dapat membantu tubuh untuk mengangkat sel-sel mati dan dapat memberikan tempat untuk sel-sel baru tumbuh di kulit, lakukan eksfoliasi dengan teratur dan dengan menggunakan produk yang mengandung serum serta pelembab.

3. Konsumsi Air Putih Secara Teratur dan Cukup
Mengkonsumsi air putih memiliki segudang manfaat, selain dapat memenuhi asupan cairan dalam tubuh, air putih sendiri terbukti dapat membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terlindungi dari paparan matahari yang dapat membuat kulit menjadi kering dan membantu meningkatkan elastisitas kulit yang dapat mengencangkan kulit wajah secara alami. Oleh karnanya sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi air putih 1.5 liter/hari untuk mengembalikan kulit belang akibat sinar matahari menjadi rata dan dapat menghilangkan kulit belang

4. Menggunakan Skincare Yang Cocok di Tubuh
Saat ini banyak skincare yang dapat memberikan solusi untuk mengembalikan kulit yang belang sehingga warna kulit menjadi rata kembali, memilih skincare yang cocok untuk kulit mengingat setiap kulit manusia berbeda beda Skincare yang tidak cocok di kulit akan menimbulkan permasalah pada kulit seperti kulit berjerawat atau kulit menjadi tampak lebih kusam.

5. Gunakan Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kulit belang karena matahari serta menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan dapat mencegah timbulnya kembali kulit belang di kemudian hari.

6. Banyak Mengkonsumsi Makanan Kaya Akan Antioksidan
Disamping perawatan dari luar kulit untuk mengembalikan kulit belang seperti semula, asupan nutrisi yang tepat dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit dan membuat kulit menjadi cerah kembali, salah satu makanan yang dapat membantu adalaha makanan yang mengandung kaya akan antioksidan seperti omega 3 yang berguna untuk merangsang tubuh agar memproduksi sel kulit baru, konsumsi bayam wortel dan brokoli untuk mecerahkan kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit.

7. Gunakan Masker Wajah
Dengan menggunakan masker wajah berbahan alami seperti masker bengkuang, air lemon, madu ataupun teh hijau, dapat membantu dikarenakan keempat bahan tersebut dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen pada tubuh.