7 Cara Menghilangkan Selulit Pada Paha

Penulis: La Lumiere Aesthetics


Selulit merupakan salah satu permasalahan kulit umum yang bisa dialami oleh pria maupun wanita. Selulit sering menjadi keluhan karena penampakannya yang mengganggu bagi sebagian orang.


Banyak orang, khususnya wanita ingin menghilangkan selulit pada bagian tubuh khususnya paha agar dapat memiliki kulit yang menawan dan mempesona. La Lumiere Aesthetics akan memberikan cara menghilangkan selulit pada paha.


Selulit paling umum terjadi di sekitar paha dan bokong, tetapi juga dapat ditemukan di payudara, perut bagian bawah, dan lengan atas.


Apa itu selulit?

Selulit merupakan lemak yang dikumpulkan di dalam kantong yang terdapat di bagian bawah kulit. Penyebab selulit berkaitan erat dengan jaringan fibrosa yang menghubungkan kulit dengan otot di bagian bawahnya. Sel lemak yang menumpuk kemudian membuat jaringan tersebut tertarik ke bawah sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak rata.


Selain itu, faktor hormonal berperan besar dalam perkembangan selulit, dan genetika menentukan struktur, tekstur dan tipe kulit. Faktor lain, seperti berat badan mempengaruhi pertumbuhan selulit, meskipun orang yang sangat bugar pun dapat memilikinya.


Selulit jauh lebih umum terjadi pada wanita dibanding pria. Faktanya, kebanyakan wanita mengalami selulit setelah pubertas. Selulit juga lebih umum terjadi pada penuaan, ketika kulit kehilangan elastisitasnya.


Mengapa selulit berkembang di paha?

Selulit bisa berkembang di paha karena area tersebut secara alami memiliki lebih banyak jaringan lemak. Faktor lain yang meningkatkan kemungkinan selulit meliputi:

- Usia 


- Ketersediaan hormon estrogen


- Riwayat keluarga memiliki selulit


- Peradangan jaringan 


- Peningkatan jaringan lemak yang disebabkan oleh penambahan berat badan 


- Hilangnya kolagen 


- Sirkulasi darah yang buruk (masalah umum di kaki)


- Sirkulasi dan aliran limfatik yang buruk 


- Penipisan epidermis (lapisan luar kulit)


Cara menghilangkan selulit pada paha

Memang selulit bukan lah suatu penyakit yang membahayakan. Namun, hal ini menjadi kekhawatiran untuk penampilan kulit khususnya untuk kaum wanita. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit di paha:

1. Pijat

Healthline melansir, pijat dapat mengurangi selulit dengan meningkatkan drainase limfatik. Ini juga dapat membantu meregangkan jaringan kulit dan membantu meregangkan lesung selulit juga.

Namun, ketahuilah bahwa hanya satu pijatan tidak akan membantu dalam menghilangkan selulit. Anda perlu mengulangi proses tersebut secara konsisten untuk mencapai dan mempertahankan hasil yang Anda inginkan.

2. Minum lebih banyak air

Air minum adalah pilihan mudah lainnya yang dapat membantu mengatasi selulit. Tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi, tetapi air juga membantu mendorong sirkulasi dan aliran limfatik.

3. Penurunan berat badan

Untuk Anda yang mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas, menurunkan berat badan ada hal yang membantu mengurangi selulit. Dengan mengurangi lemak pada tubuh dapat mengurangi munculnya selulit

4. Olahraga

Olahraga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menghilangkan selulit di area tubuh tertentu. Pasalnya, olahraga dapat membentuk otot yang kuat dan kulit yang kencang, sehingga bisa menyamarkan selulit.

Beberapa gerakan yang baik dilakukan yakni squats, jump squats, step-ups, side lunges.

5. Minum peptida kolagen

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen peptida kolagen bioaktif tertentu berpotensi memiliki efek menghilangkan selulit.

Hasil riset menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi suplemen peptida kolagen mengalami pengurangan selulit dan peningkatan ketebalan kulit. Ini karena kolagen tambahan dapat membantu memperbaiki pita kolagen yang rusak karena selulit.

6. Menggunakan krim

Dilansir dari American Academy of Dermatology, krim dan lotion yang mengandung kafein dapat menjadi cara menghilangkan selulit. Pasalnya, produk yang mengandung kafein dapat mengeringkan sel yang membuat selulit memudar.

Selain kafein, krim yang mengandung 0,3% retinol mungkin juga memiliki efek yang tidak jauh berbeda. Retinol dapat membantu menebalkan kulit sehingga jumlah selulit pun berkurang.

7. Konsultasi dengan Dokter

Perlu diperhatikan, beberapa cara di atas tidak memberikan hasil yang permanen dan harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus untuk hasil yg efektif.

Selain cara di atas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli seperti La Lumiere Aesthetics untuk mendapatkan perawatan menghilangkan selulit secara permanen.

Treatment Cellutone adalah perawatan yang tepat untuk Anda yang ingin menghilangkan selulit secara permanen. Tidak hanya di paha, perawatan ini dapat dilakukan juga di area umum selulit lainnya seperti perut, bokong dan pinggul.

Mana yang Anda pilih, cara menghilangkan selulit yang dapat dilakukan dirumah atau berkonsultasi dengan dokter?