inilah faktor penyebab dan tanda kulit kusam

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Banyak orang yang memilki permasalahan seputar kulit tubuh kusam, dari yang memiliki kulit berminyak, kulit kering, hingga kombinasi sekalipun. Untuk mengatasi kulit kusam sehingga dapat membuat kulit kusam tampak kembali cerah, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kulit kusam serta penyebab terjadinya kulit kusam sehingga dapat menyelesaikan permasalahan ini hingga ke akarnya.
Inilah Ciri Ciri Kulit Kusam
Kulit yang memiliki tekstur Kenyal, padat dan lembut ketika di sentuh adalah salah satu ciri kulit yang sehat, karna pada dasarnya kulit sehat sendiri memiliki kelembapan yang cukup.

Sedangkan untuk kulit kusam sendiri itu sebaliknya, ciri yang paling mudah diketahui untuk identifikasi bahwa kulit tersebut kusam adalah warna kulit terlihat lebih gelap, kering serta wajahnya tersamarkan oleh warna yang lebih gelap. Warna gelap yang terdapat pada kulit kusam sangat berbeda dengan warna kulit gelap secara alami. Orang yang memiliki kulit gelap kandungan pigmen melaninnya akan lebih banyak.

Pada dasarnya kulit kusam sendiri berlawanan dengan kulit yang sehat yang dimana kulit yang sehat sendiri itu cerah, muda serta sehat.
Faktor Penyebab Kulit Kusam
kulit menjadi organ tubuh terbesar pada manusia sehingga dapat terlihat dengan baik bila kondisi kulit sedang tidak baik, banyak hal yang menyebabkan kulit menjadi kusam. berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat membuat kulit menjadi kusam.
Baca Juga : Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan Tubuh
1. Pertambahan Usia
Seiring bertambahnya usia seseorang semakin banyak juga permasalahan pada tubuh, selain munculnya kerutan di wajah , kulit bisa menjadi lebih kusam yang disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen pada tubuh. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering, tidak bercahaya hingga munculnya kerutan di wajah.

2. Kurangnya Konsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih sendiri selain baik untuk kesehatan tubuh, air sendiri dapat membantu untuk menjaga elastisitas kulit, kelembapan kulit sehingga kulit menjadi tidak mudah iritasi, keretakan dan kerusakan pada kulit. Tanpa konsumsi air putih yang cukup dapat mengakibatkan kulit menjadi dehidari serta kering sehingga kulit tampak lebih kusam.

3. Kurangnya Kelembapan
Pelembab atau moisturize sendiri memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, sehingga selain mengkonsumsi air putih, menggunakan pelembab sendiri berguna agar kulit tetap lembab serta kenyal. Pelembab ini sangat disarankan untuk semua orang terutama untuk orang yang memiliki kulit yang cenderung kering. Penggunaan pelembab sendiri alangkah baiknya digunakan secara rutin agar kulit tetep melindungi dari resiko kerusakan.

4. Kebiasaan Begadang
Produksi keratin dan kolagen pada tubuh, terjadi pada saat seseorang tidur, sehingga kebiasaan begadang sendiri dapat menenghambat tubuh untuk memproduksi keratin dan kolagen, yang dimana kolagen serta keratin sendiri yang bertanggung jawab untuk mengencangkan dan membuat kulit tampak lebih sehat.

5. Stres yang tidak terkelola dengan baik
Peningkatan produksi kortisol di dalam tubuh disebabkan oleh seseorang mengalami stress sehingga dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan dapat menimbulkan permasalahan seperti rosacea dan jerawat. Maka dari itu sangat penting untuk mengeleloa stress agar dapat mencegah munculnya jerawat yang di akibatkan oleh stress sehingga mempengaruhi penampilan

6. Penumpukan Sel Kulit Mati
Sel sel kulit yang telah mati secara alami akan terlepad dari kulit yang berguna untuk memberikan ruang bagi sel baru untuk tumbuh. Namun tak jarang sel kulit mati yang telah mati tidak bisa terlepas sebagaimana mestinya yang akan menyebabkan penumpukan pada kulit, kondisi inilah yang mengakibatkan kulit kering, kusam, bersisik dan pecah-pecah.

7. Terlalu Banyak Konsumsi Manis
Kandungan gula yang terdapat pada makanan dan minuman manis terutama alkohol, mengandung gula yang tinggi sehingga kadar gula berlebih yang masuk kedalam tubuh akan memicu tubuh untuk meningkatkan produksi insulin, sehingga produksi insulin berlebih akan membuat kolagen menjadi rusak yang mengakibatkan kulit menjadi kusam dan menjadi salah satu penyebab kulit wajah kendur .

8. Kebiasan Merokok
Pembuluh darah yang rusak disebabkan oleh merokok dapat mengurangi aliran darah yang kaya akan nutrisi untuk kulit bahkan dapat mengganggu asupan oksigen ke kulit, hanya dengan 10 menit merokok dapat mengurangi pasokan oksigen selama 1 jam, inilah salah satu yang menyebabkan kulit menjadi keriput, rapuh dan sulit diperbaiki. Selain itu roko sendiri memiliki resiko 5 kali lipat lebih besar terkena masalah kulit salah satunya kanker kulit.