Inilah alasan penyebab jerawat muncul di tempat yang sama

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi dan dirasakan oleh setiap orang, terutama seseorang yang sedang mengalami pubertas. Wajah Jerawat sendiri timbul dikarenakan adanya sumbataan pada pori-pori kulit. Jerawat sendiri walaupun tidak berbahaya namun memiliki dampak penurunan rasa percaya diri seseorang disebabkan munculnya jerawat akan mengganggu penampilan seseorang.

penyebab wajah berjerawat sendiri ada banyak faktor, baik faktor hormon,stress, hingga produksi minyak berlebih. dalam sebagian kasus, jerawat sendiri bisa muncul ditempat yang sama.lantas apa saja yang menjadi faktor penyebab jerawat muncul di tempat yang sama ?, berikut adalah faktor penyebabnya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Metabolisme tubuh

1. Penggunaan kosmestik yang salah
Penggunaan kosmetik yang salah dapat mengakibatkan muka berjerawat, mengingat ada beberapa kandungan dalam kosmetik yang bersifat komedogenik, yang dimana kandungan ini dapat menyumbat pori-pori serta mengakibatkan kulit wajah tampak kusam . Jika terjadi tumbuhnya jerawat terus menerus di area spesifik, cek kembali label komposisi kosmetik.

2. Memecahkan jerawat


kerusaknya jaringan parut pada kelenjar minyak terjadi karena adanya aktivitas memecahkan jerawat dengan menggunakan tangan, yang akan mengakibatkan timbulnya jerawat kembali.

Menyentuh jerawat dengan menggunakan tangan dapat mengakibatkan penyebaran bakteri ke lokasi yang berdekatan, ini lah yang mengakibatkan jerawat muncul di tempat yang sama, yang sebenarnya terjadi itu bukanlah jerawat susah hilang melainkan jerawat baru yang muncul.

3. Penggunaan produk rambut
jerawat yang biasanya muncul dan berkumpul di area dahi disebabkan oleh penggunaan produk rambut seperti semprotan rambut, sampo, kondisioner hingga minyak rambut yang di gunakan setiap hari.

Hampir semua produk rambut dapat menyebabkan muncul jerawat , berikut ini adalah kandungan pada produk rambut yang berpontensi membuat wajah berjerawat
• petroleum, yang dapat ditemukan di masker dan serum wajah
• silicone, kandungan yang ditemukan pada produk dengan klaim “smoothing”
• cocoa butter, kandungan yang terdapat pada masker
• sodium dan ammonium lauryl sulfate, biasanya zat ini ditemukan pada sampo
• mineral oil, jojoba oil, coconut oil
• lanolin
• alkohon, kandungan ini sering ditemukan di hairstyle

4. sering menyentuh area wajah
banyak orang yang tanpa sadar sering menyentuh area wajah ketika sedang melakukan ativitas. Hal ini dapat menyebabkan perpindahan bakteri yang ada di tangan berpindah ke area wajah sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat

tanpa sadar selama beraktivitas, tangan menyentuh banyak benda, entah itu tas, meja terutama handphone yang dimana bakteri yang ada di dalam handphone jauh lebih kotor dari pada toilet,sebelum menyentuh wajah alangkah baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sehingga wajah tetap bersih .

5. Model rambut
tatanan rambut menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan jerawat, contohnya seperti tatanan rambut dengan model poni yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat di area yang sama yaitu dahi.

6. Jerawat kistik


jerawat sendiri terbagi ata 3 tipe diantaranya jerawata radang, komedo dan jerawat kistik. Dalam kasusnya, ketiga jerawat ini dapat muncul secara berulang di tempat yang sama. Namun, jenis jerawat kistilah yang menjadi penyebab jerawat sering muncul di tempat yang sama.

Ketidak seimbangan hormone dan juga kulit berminyak menjadi faktor terjadinya jerawat kistik ini muncul.

7. Penggunaan masker berulang


pada saat ini penggunakan masker di area public di wajibkan oleh pemerintah untuk di gunakan, penggunaan masker ini sendiri digunakan berjam – jam, yang dimana di sisi lain, penggunaan masker dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya jerawat di area yang sama.

Hal tersebut di akibatkan oleh penggunaan masker yang sudah kotor namun masih digunakan kembali, karna itu sangat disarankan untuk penggunaan masker maksimal penggunaan adalah 4 jam setiap harinya. Jerawat yang membandel dapat di cegah dengan melakukan rutin mencuci wajah sehari minimal 2 kali.

Baca Juga : Manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh

8. Perubahan hormon
Pada masa pubertas atau menstruasi jerawat akan muncul yang disebabkan adanya perubahan hormone pada tubuh.produksi hormone androgen secara berlebih dapat mengakibatkan timbulnya jerawat yang tidak stabil.

Umumnya pada saat memasuki siklus menstruasi, perempuan akan lebih banyak memproduksi hormone androgen, sehingga menyebabkan hormone sebasea memproduksi lebih banyak minyak alami atau disebut dengan sebum, yang mengakibatkan pori-pori menjadi tersumbat sehingga menimbulkan jerawat

sumber :
https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/penyebab-jerawat-sering-muncul-di-tempat-yang-sama
https://sarahhospital.com/artikel/detail/5-penyebab-jerawat-tumbuh-di-tempat-yang-sama-dan-langkah-mencegahnya#:~:text=Jerawat%20tumbuh%20di%20tempat%20yang%20sama%20bisa%20terjadi%20akibat%20perubahan,androgen%20yang%20berlebihan%20dalam%20tubuh.