Penyebab kulit wajah kendur, ketahuilah cara mengatasinya

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Memiliki kulit wajah kendur tentulah menjadi hal yang sangat meresahkan khususnya pagi para wanita. Kulit wajah kendur adalah salah satu tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini dan menjadi penyebab kurangnya kepercayaan diri. 


Kemampuan kulit untuk memperbaiki diri kian menurun seiring pertambahan usia. Hal ini karena produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang, sehingga kulit wajah akan tampak semakin kendur disertai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar hidung, mulut, dan pipi.


Kenali penyebab kulit wajah kendur serta beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar kulit wajah tetap terlihat kencang dan awet muda.


Penyebab kulit wajah kendur


Kulit yang kencang dapat meregang dan kembali ke tempatnya dengan mudah. Ketika kulit kehilangan kemampuan ini, kulit mulai kendur. Berikut adalah beberapa faktor yang paling umum yang menyebabkan kulit kendur:

1. Penuaan
2. Paparan sinar matahari
3. Penurunan berat badan drastis
4. Pola makan yang buruk
5. Gaya hidup tidak aktif
6. Dehidrasi
7. Merokok


Cara mengatasi kulit wajah kendur

Apabila mengalami masalah kulit wajah kendur. Anda dapat mencoba beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah yang dinilai cukup efektif:


1. Menggunakan masker wajah


Untuk mengencangkan kulit wajah dan mengurangi garis kerutan, Anda dapat memakai masker wajah dengan bahan alami, seperti alpukat, madu, dan cokelat bubuk. cukup mencampurkan 2 buah alpukat, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan cokelat bubuk.

Selain bahan diatas, Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari yoghurt untuk melembapkan kulit wajah.

2. Melakukan pijat wajah secara teratur


Cara mengencangkan kulit wajah lainnya adalah dengan memijat wajah secara rutin atau melakukan senam wajah, yaitu kombinasi antara gerakan wajah dan pijatan wajah. Perawatan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan leher.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi


Tak hanya dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh, cara mengencangkan kulit wajah juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit wajah, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, dan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6.

4. Menerapkan pola hidup sehat


Hal yang juga tidak kalah penting untuk mengencangkan kulit wajah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

- Berolahraga secara teratur

- Menghentikan kebiasaan merokok yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen

- Menghindari paparan sinar matahari langsung

- Menggunakan tabir surya, terutama saat beraktivitas di luar ruangan

- Membersihkan make up sebelum tidur


Cara mengencangkan kulit wajah tersebut membutuhkan waktu tidak sebentar dan upaya ekstra. Jika sudah melakukan cara tersebut tapi kulit masih kendur, Anda dapat melakukan perawatan ke klinik kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berminat melakukan perawatan untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur? La Lumiere Aesthetics adalah jawabannya. Segala keluhan kulit kendur dapat teratasi dengan metode yang tepat dan ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi.

La Lumiere memiliki Treatment Ultherapy, solusi untuk wajah Anda kencang kembali. Menggunakan teknologi ultrasound yang dapat merangsang produksi kolagen dan elastin untuk meningkatkan kekencangan kulit wajah tanpa prosedur pembedahan atau sayatan.

Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mulai berkonsultasi dan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda, tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan kulit wajah Anda.






Sumber: 

https://www.mcleanclinic.com/blog/sagging-skin/seven-causes-of-sagging-skin/
https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ini-cara-mengencangkan-kulit-wajah-secara-alami-dalam-1-minggu
https://www.fimela.com/beauty/read/4883629/7-penyebab-kulit-wajah-kendur-yang-bikin-tidak-percaya-diri
https://www.alodokter.com/cara-mengencangkan-wajah-secara-alami/