Sambut hari idul fitri dengan wajah mulus tampa jerawat

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Setelah berpuasa 1 bulan lamanya umat muslim akan menyambut kemenangan atas melawan hawa nafsu, lapar dan dahaga, hari kemenangan yang ditunggu ialah hari raya idul fitri. Hari idul fitri ini sendiri menjadi salah satu hari besar bagi umat muslim, pasalnya pada hari ini menjadi salah satu hari berkumpul Bersama sanak saudara dan tetangga sekitar.

Namun dalam menyambut hari ini ada sebagian orang terutama wanita yang mengalami kecemasan diakibatkan oleh jerawat muncul di wajah sehingga dapat mengganggu penampilan serta menurunkan rasa percaya diri.

Wajah berjerawat menjadi permasalahan serius yang di hadapi terutama seseorang yang sedang ngelami masa pubertas. muka berjerawat disebabkan karena lingkungan, gaya hidup, penggunaan alat kecantikan serta obat-obatan dan juga faktor genetik, namu diluar dari faktor tersebut, ternyata masih ada penyebab jerawat, diantaranya produksi minya jerawat (sebum) yang berlebih didalam tubuh, pertumbuhan bakteri seperti bakteri Propionibacterium ecne, hingga proses peradangan yang bereaksi karna bakteri dan juga kuman.

Muka berjerawat sebaiknya diatasi dengan benar sehingga dapat meminimalisir masalah yang bisa di timbulkan karena jerawat. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dengan efektif

Baca Juga : Kenali apa itu rosacea
1. rutin membasuh wajah


Salah satu faktor penyebab jerawat adalah ketika penyumbatan pori pori yang mengakibatkan minyak di wajah dan bakteri terperangkan di dalam pori pori kulit, sehingga dapat memicu timbulnya jerawat serta komedo, Pori pori yang tersumbat biasanya akan muncul bitnik hitam ataupun putih di sekitar wajah, yang mengakibatkan wajah tampak kusam.

Menjaga kebersihan wajah menjadi salah satu faktor penting agar pori pori tidak tersumbat. Untuk menjaga kulit wajah tetap bersih dan jerawat tidak meradang, mencuci wajah secara teratur minimal 2 kali dalam sehari.

Penggunaan facial foam secara efektif membantu kulit wajah semakin bersih jika disbanding dengan hanya membasuh wajah dengan air. Penggunaan facial foam sendiri disarankan untuk maximal 2 kali sehari, diakrenakan penggunaan tersebut di khawatirkan akan menimbulkan jerawat baru.

2. menggunakan krim anti jerawat


Saat ini banyak produk bermunculan yang dapat membantu menghilangkan wajah yang berjerawat salah satunya produk berbentuk krim. Kandungan yang terdapat pada krim anti jerawat mengandung senyawa seperti berikut ini
• Benzoyl Peroxide : memiliki cara kerja membuang sumbatan di pori pori wajah, membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat
• Salicyl Acid : cara kerja zat ini sendiri dengan mengangkat kotoran serta bakteri yang tertumpuk di pori pori kulit wajah.
• Azelaic Acid : zat ini biasanya sebagai alternative dari efek samping dari benzoyl peroxide ataupun retinoid yang dapat membuat tidak nyaman serta sakit. Dengan menggunakan zat azelaic acid sendiri dapat menyingkirkan kulit mati dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, namun hasilnya bisa terlihat setelah minimal 1 bulan pemakaian
• Retinoid : membantu mencegah penumpukan kotoran pada pori-pori dan dapat membantu mengangkat sell mati
• Antibiotic : penggunaan zat ini terbukti aman serta aman dalam mengurangi jumlah bakteri dan peradangan yang terjadi pada kulit.
Dengan menggunakan krim anti jerawat ini, dapat membantu mengempeskan jerawat dengan cepat serta menghilangkan tanpa bekas. Untuk penggunaan salep ini sendiri alangkah baiknya mengikuti resep dari dokter, mengingat banyaknya jenis jerawat dan faktor penyebab jerawat

4. Hindari makanan tinggi akan lemak
Mengkonsumsi makanan tinggi akan lemak seperti makanan cepat saji tidak hanya membuat berat badan menjadi berlebih, memperlambat sistem metabolisme tubuh dapat menimbulkan jerawat dikarenakan kandungan lemak trans dan tinggi kalori yang terdapat pada makanan tersebut akan mengakibatkan peradangan pada kulit yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

5. jengan memencet jerawat


Baca Juga : wajah tampak lebih muda dengan thermage FLX

Sebagian orang beranggapan dengan memencet jerawat akan lebih cepat menghilangkan jerawat tersebut. Aktivitas memencet jerawat ini sendiri terbilang berbahaya untuk tubuh, karna dapat menyebabkan infeksi sekunder yang akan menimbulkan noda dan cacat, bopeng hingga keloid Selain menggunakan car acara itu, ada juga cara lain yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah seperti berikut ini.
• Menghindari berolahraga di teriknya matahari karena dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada
• Kelola stress dan beristirahat cukup dapat membantu menghilangkan jerawat
• Menghindari makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dan konsumsi makanan yang mengandung lemak rendah seperti ayam, ikan susu, daging sapi susu non-fat , konsumsi buah dan sayur secara teratu

sumber :
https://zapclinic.com/new-cara-menghilangkan-jerawat-dengan-cepat-dan-mudah-2017
https://www.senka.id/senka-stories/manfaat-air-hangat-untuk-wajah#:~:text=Membantu%20meredakan%20jerawat&text=Selain%20mengonsumsinya%2C%20mencuci%20wajah%20menggunakan,mencuci%20muka%20menjadi%20lebih%20optimal.
https://www.alodokter.com/hilangkan-acne-dengan-5-salep-jerawat-ampuh-ini
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/makanan-penyebab-jerawat