Cara Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut Anda tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. Faktor yang menyebabkan jerawat adalah gaya hidup, seperti memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, kurang tidur, stres, hingga asupan makanan.

Cara Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Beberapa perawatan sederhana yang dapat anda lakukan untuk mencegah jerawat muncul kembali dan menghilangkan bekas jerawat seperti berikut ini :

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Wajah yang jarang dibersikan akan membuat kotoran atau debu, sel kulit mati, minyak atau sebum menumpuk yang menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga terjadi jerawat. Oleh sebab itu, membersikan wajah secara teratur 2 kali sehari akan membantu Anda untuk mencegah terjadinya jerawat serta menghilangkan bekas atau flek hitam akibat jerawat.

2. Menjaga Wajah Tetap Lembab

Apabila kulit wajah terlalu kering akan memicu produksi minyak yang berlebih sehingga jerawat akan mudah muncul. Kulit kering dapat dihindari dengan menggunakan pelembab untuk menghidrasi kulit, dan gunakan pelembab dengan label noncomedogenic serta tidak menyumbat pori-pori.

3. Batasi Penggunaan make up

Penggunaan make up yang berlebihan untuk menutupi jerata atau bekasnya, akan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat baru. Oleh karena itu, gunakanlah make up sesuai kebutuhan dan pastikan agar bebas minyak serta aman untuk kulit wajah Anda.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Bintik hitam akibat jerawat dapat diatasi dengan Vitamin C yang ada pada buah atau sayuran seperti lemon, jambu biji, pepaya, dll. Dengan mengkonsumsi buah, kulit Anda akan cerah alami. Namun, untuk kondisi kulit tertentu dapat Anda sesuaikan agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

5. Glass Skin Treatment

Glass Skin merupakan perawatan kulit wajah bertahap menggunakan Intense Pulsed Light (IPL), Laser Diode, Masker Kolagen, Serum dan Anti-Aging yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan bekas jerawat serta mencegah terbentukanya jerawat baru. Laser Diode akan menyembuhkan sel-sel kulit yang telah rusak akibat jerawat dan teknologi Intense Pulsed Light (IPL) dapat mengurangi pembentukan jerawat.

6. Kurangi Gula & Susu

Dengan konsumsi gizi yang tepat akan membantu Anda untuk mencegah jerawat, salah satu cara yang baik adalah mengurangi konsumsi Gula dan produk Susu. Olahan susu dapat meningkatkan hormon  insulin-like growth factor 1 (IGF-1)  yang bisa menyebabkan jerawat.