Kenali Apa itu Rosacea, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Apa itu Rosacea


Rosacea adalah penyakit kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan disertai bintik-bintik menyerupai jerawat. 


Kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit wajah menebal dan pembuluh darah di wajah membengkak. Selain itu, rosacea mungkin juga dapat menimbulkan benjolan kecil, merah, dan berisi nanah.


Rosacea merupakan salah satu penyakit kulit yang umum terjadi pada wanita kisaran usia 30 hingga 50 tahun. Gejala rosacea bisa hilang timbul dan umumnya  berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan.


Penyakit kulit ini bisa menyerang setiap orang. Namun, orang yang berkulit putih cenderung lebih rentan terkena rosacea.


Gejala Rosacea


Perlu kamu ketahui rosacea memiliki jenis dengan gejala yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tipe-tipe rosacea dan gejala yang menyertainya:


1. Erythematotelangiectatic Rosacea (ETR)


Jenis ini dikenal sebagai rosacea tipe 1, yaitu munculnya kemerahan di bagian tengah wajah dengan kulit wajah yang membengkak, terasa perih, kering, kasar dan bersisik.


2. Papulopustular Rosacea


Tipe ke 2 ini sering disebut sebagai acne rosacea karena bentuk nya yang hampir sama dengan jerawat yaitu munculnya bintik-bintik kemerahan yang terkadang berisi nanah.


3. Rhinophyma Rosacea


Tipe ke 3 ini cenderung terjadi pada pria dengan gejala pori-pori membesar, tekstur kulit yang tidak rata, kulit yang menebal di hidung, dahi, dagu, pipi, dan telinga sehingga tampak membesar.


4. Ocular Rosacea


Jenis tipe 4 ini sering terjadi pada mata yang menyebabkan peradangan di dalam mata, kelopak mata maupun kulit disekitar mata sehingga membuat mata memerah, iritasi, dan kelopak mata membengkak.


Baca juga: Cara Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat


Penyebab Rosacea


Melansir Mayo Clinic, penyebab rosacea secara pasti tidak diketahui. Namun, sistem daya tahan tubuh yang terlalu aktif, faktor keturunan, dan faktor lingkungan meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit ini. 


Perlu diketahui, rosacea tidak disebabkan oleh masalah kebersihan yang buruk. Penyakit ini juga tidak menular. Penyakit kulit ini dapat kambuh apabila penderita minum minuman terlalu panas, makan makanan pedas, minum minuman beralkohol, terpapar suhu ekstrem dan sinar matahari, emosi, atau mengkonsumsi obat tertentu.


Cara Mengatasi Rosacea


Cara mengatasi rosacea perlu disesuaikan gejala utama penyakitnya. Dokter biasanya memberikan obat khusus untuk mengatasi ruam kemerahan. Sedangkan benjolan atau jerawat rosacea, perlu diobati dengan obat anti peradangan yang diminum dan berupa salep.


Selain dengan obat, kamu dapat melakukan perawatan untuk menghilangkan rosacea di La Lumiere Aesthetics.


Dengan Treatment Sylfirm X yang menggunakan teknologi Microneedling Bipolar Radio Frequency, mampu menghilangkan segala keluhan yang diakibatkan oleh rosacea dalam sekali treatment.


Mau tahu lebih lanjut mengenai treatment ini? Hubungi La Lumiere sekarang juga dan nikmati pengalaman treatment yang berbeda dan tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan tubuh Anda.