Cara Ampuh Mencegah Munculnya Jerawat

Penulis: La Lumiere Aesthetics


Masa pubertas adalah hal yang tidak dapat kita lewatkan, dimana para remaja akan mengalami perubahan hormon yang tidak stabil yang menyebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya yang membuat kulit rentan mengalami jerawat.


Munculnya jerawat pada wajah adalah masalah kulit yang paling mengkhawatirkan bagi setiap orang. Pasalnya, jerawat dapat membuat kulit wajah kusam bahkan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.


Ada kemunculan jerawat yang memenuhi seluruh bagian wajah tapi ada juga jerawat yang muncul satu persatu. Jerawat juga tidak hanya muncul di wajah tetapi di leher, di punggung, telinga, bahkan dada sehingga sering mengganggu penampilan.


Oleh sebab itu, yuk simak bagaimana cara mencegah munculnya jerawat hanya di La Lumiere Aesthetics.


1. Rutin membersihkan wajah




Membersihkan wajah haruslah rutin dilakukan, sekalipun kamu tidak melakukan aktifitas apapun, karena kulit akan selalu memproduksi minyak. Idealnya membersihkan wajah dapat dilakukan pada pagi hari sebelum beraktifitas dan malam hari menjelang tidur.


Banyak orang yang merasa sudah rutin membersihkan wajah tetapi jerawat sering muncul. Sehingga kami memberikan cara mencuci wajah yang dapat

membantu mencegah munculnya jerawat:


- Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol


- Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah


- Gunakan pembersih wajah seujung jari, gosokkan di tangan hingga mengeluarkan busa lalu oleskan


- Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan tisu atau handuk lembut


- Hindari menggosok kulit terlalu kencang karena dapat membuat kulit iritasi


2. Gunakan pelembab yang bersifat non komedogenik




Kondisi kulit wajah kering dapat memicu produksi minyak berlebih. Oleh karena, itu setelah membersihkan wajah gunakanlah pelembab yang bersifat non komedogenik yang diformulasikan khusus untuk mencegah jerawat muncul karena penyumbatan pori-pori.


3. Batasi penggunaan make up




Menggunakan make up agar terlihat menawan memang bukanlah hal yang salah. Namun, baiknya hindari penggunaan make up jika kamu tidak memiliki aktivitas di luar rumah.


Tetapi jika memang kamu harus menggunakan make up, kamu perlu memperhatikan kandungan produk yang dipakai untuk mencegah timbulnya jerawat. Bagaimana Caranya?


- Pilihlah produk make up sesuai dengan jenis kulit


- Hindari produk yang mengandung pewarna, pewangi dan bahan pengawet


- Pastikan make up sudah BPOM


- Selalu cek tanggal kadaluarsa alat make up yang digunakan


- Selalu bersihkan alat kosmetik dengan sabun dan air untuk mencegah penumpukan bakteri


- Jangan berbagi alat make up


4. Tidak sembarang menyentuh wajah




Menyentuh wajah dengan tangan kotor adalah hal yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat karena bakteri yang ada di tangan akan berpindah sehingga kulit akan terinfeksi. Oleh sebab, itu ketika kamu ingin menyentuh wajah pastikan tangan kamu sudah bersih.


5. Mencuci rambut minimal 1x sehari




Ketika kamu jarang mencuci rambut, rambut akan kotor dan berminyak sehingga ketika rambut menyentuh wajah, bakteri akan menempel dengan wajah apalagi kamu yang memiliki tipe rambut berponi.


6. Ganti sprei kasur kamu




Kamu perlu mengganti sprei mu minimal 1x seminggu, karena tanpa kamu sadari ketika kamu tidur bakteri yang ada di sprei menempel ke dalam kulit kamu sehingga dapat menyebabkan jerawat.


Baca juga: Menghilangkan Kerutan di Wajah, Kulit Tampak Kencang Alami

7. Kelola stres dengan baik




Meski tidak berdampak langsung, stres dapat memicu kemunculan jerawat. Oleh sebab itu, mengendalikan stres adalah salah satu cara mencegah agar jerawat tidak muncul lagi. Kamu dapat mengendalikan stres dengan cara:


- Mendapatkan tidur yang cukup


- Healing


- Lakukan aktivitas yang dapat menghilangkan stress kamu


- Mulai lah olahraga rutin


8. Konsultasi ke dokter




Bila cara diatas tidak dapat mencegah tumbuhnya jerawat, kamu bisa konsultasi ke dokter La Lumiere Aesthetics yang dapat membantu kamu melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit yang kamu miliki.


Pada kebanyakan kasus, jerawat sering muncul akibat dari kulit wajah yang berminyak. Sehingga La Lumiere Aesthetics akan menyarankan kamu untuk melakukan Glass Skin Treatment yang dapat mencerahkan kulit wajah kusam dan berminyak, meningkatkan kelembaban kulit dan membuat kulit lebih sehat sehingga dapat mencegah jerawat tumbuh.


Oleh sebab itu konsultasi ke dokter sangat lah penting agar kamu dapat menghindari dan mencegah masalah yang terjadi pada kulit kamu.