Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Memiliki bekas luka membandel memang sangat mengganggu penampilan, apalagi bekas luka tersebut terletak di wajah. Bekas luka idealnya bisa memudar seiring berjalannya waktu. Tapi, ada juga jenis luka yang meninggalkan bekas tak kunjung hilang.

Untuk dapat mengetahui cara menghilangkan bekas luka membandel yang paling tepat, Anda harus terlebih dahulu tahu berbagai jenis bekas luka yang dapat muncul. Baca artikel ini sampai akhir.

Mengenal Jenis Bekas Luka

Bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan alami setelah kulit cedera. Munculnya bekas luka dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti lecet karena terjatuh, luka bakar, cacar air, jerawat, luka pasca operasi, hingga kulit yang mengalami iritasi.

Berikut beberapa jenis bekas luka yang umum, antara lain:

- Bekas luka keloid: jenis bekas luka yang terlihat menonjol, terkadang disertai nyeri dan gatal

- Bekas luka hipertrofik: jenis bekas luka ini sedikit terangkat, tapi tidak separah keloid 

- Bekas luka atrofi: jenis bekas luka ini terlihat seperti lekukan atau bopeng di kulit

- Bekas luka kontraktur: jenis bekas luka ini menyebabkan kulit sekitarnya tertarik, biasanya muncul setelah luka bakar dan kerap menyakitkan

Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel

Bingung bagaimana cara menghilangkan bekas luka membandel? Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka yang dapat Anda coba lakukan:

1. Lidah buaya


Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit salah satunya adalah menyamarkan bekas luka.

Caranya mudah. Siapkan lidah buaya buang kulitnya dan sisihkan gelnya. Lalu, Oleskan gel lidah buaya langsung ke bekas luka secara memutar ke seluruh bekas luka.

Tunggu hingga 30 menit lalu bersihkan wajah. Lakukan setiap hari, pagi dan malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Masker madu


Madu juga efektif merangsang proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan kulit wajah. Oleh karena itu madu dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka membandel.

Kamu cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.

Baca Juga: Penyebab Kulit Waja Kendur, Ketahuilah Cara Mengatasinya

3. Minyak kelapa


Minyak kelapa dapat memudarkan bekas luka karena adanya sifat analgesik dan anti-inflamasi yang sangat kuat yang ada dalam minyak kelapa.

Oleskan langsung minyak kelapa ke bekas luka sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Agar hasilnya efektif, ulangi pijat dengan minyak kelapa minimal dua kali sehari sampai bekas luka memudar.

4. Cuka sari apel


Cuka sari apel mengandung zat asam yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi sebum, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel.

Ambil bola kapas kemudian celupkan ke dalam cuka sari apel. Aplikasikan bola kapas ke seluruh bekas luka dan biarkan mengering. Lakukan setiap malam sebelum tidur dan bersihkan di pagi hari.

5. Minyak lavender dan zaitun


Minyak esensial lavender dan zaitun juga bisa digunakan sebagai penghilang bekas luka alami. Campurkan satu tetes minyak esensial lavender ke dalam satu sendok makan minyak zaitun. 

Pijatkan campuran minyak ini ke bekas luka selama lima menit. Biarkan meresap selama 30 menit. Baru bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini tiga kali sehari.

6. Lemon


Lemon kaya akan antioksidan dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan bisa dijadikan cara menghilangkan bekas luka.

Caranya terbilang mudah. Belah lemon menjadi 2 bagian, oleskan bagian yang berair pada bekas luka secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Bawang putih


Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.

Cara menghilangkan bekas luka membandel cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.

8. Microneedling

Tujuan dari microneedling adalah untuk mendorong pembentukan kolagen pada jaringan di bawah kulit, sehingga bekas luka bisa tersamarkan. Metode ini aman dan efektif untuk bekas luka membandel.

Oleh sebab itu, yuk lakukan perawatan pertama mu di La Lumiere Aesthetics, klinik kecantikan aman dan terpercaya yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit Anda dan ditangani oleh dokter bersertifikasi.