bentuk tubuh ideal dengan melakukan weight loss

Penulis: La Lumiere Aesthetics


Memiliki bentuk tubuh ideal seperti yang dibayangkan adalah menjadi dambaan bagi setiap orang terutama wanita. Banyak cara dilakukan agar bisa membentuk tubuh ideal, salah satunya dengan melakukan diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Diet sendiri ialah mengatur pola makan dan jenis makanan yang di konsumsi dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Caranya adalah dengan mengontrol jumlah, jenis asupan dan pola makan sehari hari. Diet sendiri bertujuan untuk menjaga berat badan agar tetap terkontrol dengan baik. Selain itu terdapat penerapan diet khusus yang sesuai dengan kondisi medis tertentu.

Menurut jurnal Defining the Optimal Dietary Approach for Safe, Effective and Sustainable Weight Loss in Overweight and Obese Adults, terdapat berberapa variasi metode menurunkan berat badan, yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi terkait manajemen diet obesitas. Beberapa rekomendasi diet yang kerap dianjurkan diantaranya adalah diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat, diet tinggi protein, diet formula, diet Mediterranean, dan diet intermitten.
Tips Diet yang benar-benar aman serta efektif untuk menurunkan berat badan ialah diet yang disertai pendampingan profesional seperti dokter spesialis gizi klinik. Kebutuhan asupan harian serta kondisi medis setiap orang berbeda, sehingga metode diet sehat yang digunakan untuk setiap individu dalam menurunkan berat badan akan berbeda.

Program diet sehat yang dibuat langsung oleh dokter spesialis gizi klinik ialah program diet yang khusus dibuatkan untuk pasien tersebut (personalized diet), dengan didasarkan pada panduan gizi seimbang. Program diet yang telah dibuat terbukti aman dan efektif untuk dilakukan sehingga tidak mengganggu fungsi serta kinerja organ tubuh lainnya. Dengan tetap mampu menjalani aktivitas harian secara normal, diet sehat membuat kualitas hidup pasien tetap terjaga.

Penurunan berat badan yang sehat dan aman ditandai dengan penurunan berat badan yang bertahap dan tidak terjadi secara instan. Keberhasilan diet juga tidak hanya berfokus pada berat badan namun juga penurunan lingkar tubuh, perbaikan komposisi tubuh maupun penanda metabolik. Pada dasarnya diet sehat menargetkan penurunan berat badan sebanyak 0.5 – 1 kg dalam kurun waktu 1 minggu. Oleh karena itu, perlu adanya konsistensi dan kesabaran yang didasari motivasi kuat untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Baca Juga : Apa saja faktor kegemukan pada wanita

Program Weight Loss
Weight Loss adalah menurunkan berat badan secara keseluruhan, yang dimana pada proses penurunan berart badan ini tidak hanya lemak yang menyusut,melainkan bagian otot hingga kandungan air yang terdapat pada tubuh akan ikut mengalami penyusutan sehingga dapat mempengaruhi berat badan, weight loss menjadi salah satu tips kuruskan badan.Untuk melakukan weight loss sendiri, anda dapat mengikuti cara berikut ini.

1. Tidak menghindari sarapan

Banyak orang yang beranggapan bahwa melewatkan sarapan adalah salah satu cara cepat kuruskan badan, namun anggapan itu salah.

Sarapan sangatlah penting untuk tubuh. Sarapan dengan menu yang sehat akan menjadi sumber energi bagi tubuh dan dalam jangka panjang membantu tubuh untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Manfaat dari sarapan yang lainnya ialah dapat membantu menurunkan kolesterol , menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan dan menjaga konsentrasi.

2. Hindari makanan dan minuman manis
Makanan dan minuman manis mengandung gula tambahan yang tinggi kalori. Meskipun gula berperan sebagai sumber energi untuk tubuh, anjuran asupan maksimal untuk orang dewasa hanya 4 sendok makan per hari atau setara 50 gram per hari. Dengan sifatnya yang tinggi kalori, konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan berat badan.

Kebiasaan mengonsumsi manis secara berlebihan akan mempercepat pembentukan deposit lemak di dalam tubuh. Lemak yang tersimpan akan terus menumpuk sehingga penurunan berat badan akan menjadi lebih sulit.

Agar penurunan berat badan berhasil, maka hindari makanan serta minuman yang mengandung gula tinggi seperti milk chocolate, biscuit, soft drink, minuman kemasan dalam botol, serta minuman berenergi.

Baca Juga : Menghilangkan lemak di perut dengan emsculp neo

3. Konsumsi Air Putih
Konsumsi air putih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan metabolisme , menghindari kulit dari dehidrasi hingga membantu menurunkan berat badan

Konsumsi air putih 30 menit sebelum makan dapat membantu menjaga jumlah asupan makanan menjadi tidak berlebihan dan membuat tubuh mudah merasa kenyang.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat


Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti apel, sayur, jeruk, polong-polongan, dan pisang dapat membantu tubuh mudah merasakan kenyang lebih lama dan melancarkan pembuangan saluran cerna.

5. Mengkonsumsi kopi dan teh
Kafein yang terkandung dalam kopi dan teh memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membakar lemak tubuh lebih banyak dan menjadi pemicu untuk menurunkan berat badan. Menurut publikasi penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H. CHAN School of Public Health, konsumsi kopi

empat cangkir dalam sehari dapat mengurangi berat badan secara alami sebanyak 4%. Namun begitu, hal ini sebaiknya dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter anda agar tidak menyebabkan gangguan pada fungsi organ lainnya.
Mengkonsumsi kopi dan teh akan efektif bila tidak dicampur dengan bahan lain yang tinggi kalori seperti krimer, sirup maupun gula.

6. Hindari makanan olahan
Makanan olahan seperti biskuit, makanan cepat saji, makanan kalengan, roti, serta daging olahan mengandung kadar lemak trans, kalori, gula dan garam yang tinggi. Asupan berlebihan zat-zat tersebut dapat dengan cepat membuat berat badan meningkat dan berpotensi mengalami obesitas dan meningkatkan terkena diabetes. Sebaiknya, konsumsi makanan segar seperti sayur, ikan, buah dan kacang dapat membantu tubuh merasakan kenyang lebih lama dan jauh lebih bergizi jika di bandingkan dengan makanan olahan.

7. Makan dengan perlahan
Mengunyah dan menelan makanan dengan cepat atau terburu-buru dapat mengganggu sinyal “kenyang” yang diberikan saluran cerna kepada otak. Karena tubuh sulit mengenali bahwa asupan sudah cukup, seseorang menjadi berpotensi untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih besar dibandingkan kebutuhannya.

Maka dari itu, mengunyah makanan secara perlahan hingga lumat sempurna sangat dianjurkan, dikarenakan dapat membantu membuat tubuh cepat merasa kenyang.

8.Lakukan olahraga secara rutin
Olahraga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya meningkatkan metabolisme, mengencangkan kulit dan dapat membantu untuk membakar lemak berlebih di dalam tubuh.

9. Tidur dengan cukup
Tidur yang cukup akan membantu tubuh untuk mengendalikan berat badan yang dipengaruhi oleh hormon lapar dan kenyang. Jika seseorang mengalami kekurangan tidur, maka tubuh akan memproduksi hormon ghrelin yang mana hormone ini bertugas merangsang rasa lapar, dan sedikit memproduksi hormone leptin yang bertugas untuk memberi sinyal rasa kenyang.
Orang dewasa dianjurkan tidur 6 hingga 8 jam sehari. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan mengingat durasi tidur juga mempengaruhi pengambilan keputusan terkait pilihan makanan. Seseorang yang kurang tidur, akan lebih cenderung memilih makanan tinggi kalori pada keesokan harinya.


sumber :
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1778/diet-menurunkan-berat-badan
https://www.halodoc.com/kesehatan/diet-dan-nutrisi
https://www.momsmoney.id/news/jangan-salah-ini-loh-bedanya-weight-loss-dan-fat-loss-dalam-program-diet
Koliaki, et al. 2018 , jurnal healtcare, Defining the Optimal Dietary Approach for Safe,Effective and SustainableWeight Loss in Overweight and Obese Adults
https://www.alodokter.com/pentingnya-sarapan-dan-makan-malam-saat-diet#:~:text=Tidak%20hanya%20mampu%20mengendalikan%20berat,dan%20bahkan%20menurunkan%20kadar%20kolesterol.
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-makanan-manis/
https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/serat-larut-dan-serat-tidak-larut-apa-bedanya
https://www.halodoc.com/artikel/mitos-atau-fakta-kopi-bisa-turunkan-berat-badan
https://www.alodokter.com/9-makanan-yang-bikin-gemuk
https://www.halodoc.com/artikel/fakta-medis-di-balik-makan-cepat-bikin-gemuk