Cara Cepat Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Penulis: La Lumiere Aesthetics

metabolisme merupakan suatu proses ketika tubuh merubah makanan serta minuman menjadi energi, yang dimana proses yang dilalui begitu kompleks yang dimana makanan serta minuman yang masuk ke dalam tubuh di gabungkan dengan oksigen yang bertujuan untuk melepaskan energi yang terkandung dalam asupan makanan dan minuman sehingga dapat berguna bagi tubuh.

Setiap orang memiliki laju metabolisme tubuh yang berbeda beda, laju sendiri di pengaruhi oleh banyak faktor. Banyak cara untuk menaikkan metabolisme, berikut adalah cara mudah untuk meningkatkan metabolisme badan.

1. Meningkatkan konsumsi protein
Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein terbukti efektif untuk membantu menaikan metabolisme sebesar 15% - 30% , sehingga dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.

Sumber makanan yang kayak akan protein dapat diperoleh dengan mengkonsumsi diantaranya:
- Telur - Kacang Tanah - Edamame
- Susu - Dada Ayam - Kacang Polong
- Tahu - Ikan Tuna - Ikan Kod
- daging - tempe
2. Sering Bergerak dan Rutin Berolahraga
Seiring meningkatnya pergerakan tubuh dan rutin dalam berolahraga dapat meningkatkan metabolisme, ketika tubuh bergerak maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak salah satu olahraga yang dapat tingkatkan metabolisme tubuh adalah kardio seperti senam aerobic ataupun lari.

3. Angkat beban
Angkat beban sendiri selain meningkatkan masa otot dan membuat jaringan otot yang baru, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh seiring meningkatnya pembentukan jaringan otot.

4. Konsumsi makanan pedas
Kandungan zat capsaicin yang terdapat pada makanan pedas, tak hanya memberikan sensasi pedas di lidah, makanan pedas ini sendiri menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan metabolisme badan. Namun yang perlu di perhatikan ketika mengkonsumsi makanan pedas berlebihan ini dapat berimbas terhadap gangguan pencernaan seperti diare

5. Konsumsi minyak sehat
Kandungan yang terdapat pada minyak goreng yang saat ini di konsumsi mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol yang dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh.
Dengan mengganti minyak biasa dengan minyak yang sehat dapat membantu menaikan metabolisme tubuh dan dapat menghalau rasa lapar lebih lama salah satu minyak sehat adalah minyak zaitun.

6. Minum air putih yang cukup
Cara ini terbilang sangat sederhana mengingat setiap orang dengan mudah mendapatkan air putih,menurut salah satu studi dengan mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi air putih sebelum makan dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Sehingga dapat dengan mudah mengontrol porsi makan. Namun terkait manfaat air putih yang dapat meningkatkan metobolisme tubuh masih perlu diteliti lebih dalam.

7. Kurang Tidur
Kekurangan tidur dapat berpengaruh metabolisme tubuh yang akan menjadi melambat, selain itu kekurangan tidur sendiri dapat mempengaruhi hormon tubuh sehingga akan menyebabkan tubuh terasa lapar dan dapat meningkatkan stress

8. Kurangi stres
Pada saat stress tubuh akan lebih banyak meningkatkan produksi hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatnya nafsu makan. Dengan stress sendiri dapat memberikan dampak buruk untuk pola makan dan tidur yang dimana keduanya dapat mengubah laju metabolisme tubuh

9. Minum teh hijau
kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau yaitu polifenol dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi lemak di tubuh dan menangkal radikal bebas serta mebantu penyerapan lemak pada tubuh