Inilah Cara agar Berat badan tidak naik saat berpuasa

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Tak jarang orang yang menjalankan puasa berat badan semakin naik sehingga menyebabkan kegemukan dan obesitas. hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya sendiri dikarenakan banyak orang mengkonsumsi makanan secara berlebihan pada saat berbuka,makanan yang di konsumsi banyak orang ketika berbuka ialah dengan gorengan ataupun minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi sehingga hal ini menjadi faktor penyebab kelebihan berat badan. Berikut ini adalah cara agar berat badan tidak terus bertambah dan terbilang tetap stabil pada saat berpuasa.
1. Mengatur Pola makan
Mengatur porsi makan baik pada saat berbuka ataupun sahur menjadi salah satu cara menjaga berat badan agar tetap stabil dan terbukti efektif dalam menjaga berat badan agar tetap stabil, hindari makanan seperti gorengan,berlemak hingga makanan serta minuman manis dan kurangnya mengkonsumsi sayur serta buah, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Makan Tidak Terburu - buru
Mengunyah makanan secara perlahan pada saat makan membantu untuk menimbulkan rasa kenyang sebelum porsi makanan bertambah dan menjadi berlebihan. Mengunyah makanan dengan baik tanpa terburu buru selain membantu menimbulkan rasa kenyang, dapat menjauhkan tubuh dari gangguan pada pencernaan , hal ini baik dilakukan pada saat berpuasa maupun tidak.

3. Pemilihan Makanan Yang Tepat
Pemilihan makanan yang tepat dapat membantu menimbulkan rasa kenyang dengan cepat, diantaranya dengan mengkonsumsi buah, sayur, nasi merah, ataupun biji bijian pada saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang memiliki serat tinggi dan kaya akan vitamin akan membuat tubuh jauh lebih sehat, membantu menjaga kesehatan tubuh dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama serta menjauhkan dari resiko naik berat badan pada saat berpuasa dan .


Buah buahan baik di konsumsi sebagai pengganti minuman yang tinggi akan gula, sementara itu daging tanpa lemak dan susu rendah lemak berguna untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari hari pada saat berpuasa.

Hindari makanan yang buat berat badan naik, makanan yang terbuat dari karbohidrat yang di proses seperti roti putih, pasta, kue-kue biscuit dan sebagainya. Makanan ini dapat meningkatkan gula dalam darah dan membuat berat badan naik.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Double Chin

4. Lebih Sering Masak
Memasak sendiri menjadi salah satu cara agar berat badan tidak cepat naik hal ini disebabkan oleh pengkombinasian bahan-bahan pangan yang di olah dapat memenuhi asupan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat mengontrol penggunaan minyak goreng untuk memasak dan dapat menggantikannya menjadi minyak goreng yang lebih sehat seperti minyak zaitun, canola oil, dan minyak alpukat yang terbukti jauh lebih sehat dan dibutuhkan oleh tubuh.

5. Berolahraga Secara Rutin
Beraktivitas fisik secara rutin terutama berolahraga memiliki banyak manfaat seperti membantu tubuh memproduksi kolagen ,mengencangkan kulit hingga terbukti ampuh dapat membantu tubuh untuk membakar membakar lemak berlebih yang ada didalam tubuh dan dapat meningkatkan metabolisme bada badan. pilihlah Waktu yang tepat untuk berolahraga salah satunya ketika menjelang berbuka, energi yang hilang diakibatkan oleh berolahraga dapat digantikan dengan makan serta minum ketika waktu berbuka tiba.

Memilih jenis olahraga ringan seperti bersepeda, yoga hingga jalan santai di sekitar rumah, hindari olahraga dengan intensitas berat

6. Penggunaan rempah-rempah alami menguatkan aroma dan cita rasa
Umumnya makanan sehat biasanya di kaitkan dengan makanan enak dan beraroma sedap, penggunaan cabai, cuka , paprika, kunyit, bawang putih serta rempah lain dapat menambah cita rasa suatu masakan.

Lakukan pengecekan komposisi pada bumbu instan seperti kadar garam, gila serta msg yang terkandung dalam bumbu yg dicatat pada kemasan Dan hindari olahraga fisik dikarenakan dapat menghabiskan energi dalam jumlah besar sehingga menyebabkan dehidrasi.

Baca Juga : Diastasis Recti, Penyebab Perut Tidak Mengecil Setelah melahirkan