Menghilangkan lemak Visceral dengan Weight Loss Program

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Terdapat 2 jenis lemak yang berada di dalam tubuh, yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan sendiri adalah lemak yang posisinya berada tepat di bawah kulit sehingga lemak ini bisa untuk di cubit, 90% lemak di dalam tubuh berasal dari lemak subkutan, untuk lemak visceral sendiri adalah lemak yang berada di rongga perut seperti hati, lambung dan usus, lemak ini memiliki fungsi untuk melindungi organ penting di dalam tubuh. perut yang menonjol sendiri di akibatkan oleh penumpukan lemak visceral.

Selain dapat menggangu penampilan, terjadinya penumpukan lemak visceral di rongga perut dapat mengakibatkan peradangan yang di akibatkan oleh pelepasan protein dan hormon. Peradangan ini sendiri dapat memasuki organ hati, merusak arteri dan dapat mempengaruhi tubuh dalam memecah lemak serta gula. Lemak visceral yang terletak dekat dengan hati ini berpotensi dapat meningkatkan produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu lemak visceral yang menumpuk akan mengakibatkan obesitas, resisten insulin dan kolesterol yang tinggi, hal ini bisa meningkatkan resiko terkena stroke, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Berikut ini adalah dampak yang akan di sebabkan jika tubuh memiliki terlalu banyak lemak visceral
• Demensia atau penyakit yang akan menyebabkan penurunan daya ingat
• Kanker
• Asma
• Osteoarthritis atau pengapuran sendiri
• Nyeri punggung
• Penyakit hati
• Penyakit kantung empedu dan juga asam urat

Baca juga : berat badan berlebih, meningkatkan resiko terkena diabetes

Terbentuknya lemak visceral


Selain menjadi penentu akan struktur dan tekstur kulit kencang maupun sebaliknya, Genetik menjadi salah satu faktor penentu seseorang memiliki lemak visceral dikarenakan genetik sendiri yang menentukan bentuk tubuh seseorang dan juga bagaimana tubuh orang tersebut menyimpan lemak.

Selain dari faktor genetik, lemak visceral terbentuk karena pola makan yang buruk, pola makan yang banyak mengkonsumsi makanan serta minuman tinggi akan karbohidrat ( gula ) dan juga mengkonsumsi makanan tinggi akan lemak, yang dimana di kombinasikan dengan gaya hidup yang tidak aktif , sehingga faktor tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya lemak visceral dalam tubuh serta menjadi faktor kegemukan pada seseorang.

Meningkatnya Produksi Hormone kortisol yang disebabkan oleh stress yang di alami akan menyebabkan tubuh mengaktifkan respon “flight or fight”, sehingga dapat memicu tubuh menyimpan lemak visceral lebih banyak.

Menurunkan lemak Visceral


Lemak visceral dapat diturunkan dengan melakukan program diet sehat salah satunya dengan melakukan penurunan berat badan atau Weight Loss dan diet . Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan yang secara efektif dapat membantu menurunkan lemak visceral dan menjadikan perut langsing kembali.

1. Menerapkan pola hidup sehat


Melakukan diet menjadi salah satu cara untuk menguruskan badan yang dimana cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam perut. Berikut ini adalah pola hidup sehat yang dapat membantu dalam menurunkan lemak berlebih yang berada di tubuh
• mengkonsumsi biji bijian, sayur dan juga buah yang memiliki kandungan tinggi akan serat sehingga tubuh akan mudah merasakan kenyang dan tidak mudah merasakan lapar.
• Banyak mengkonsumsi air putih yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan hindari makanan serta minuman yang memiliki kandungan tinggi akan gula, yang dimana mengkonsumsi gula yang berlebih akan disimpan oleh tubuh dan di ubah menjadi lemak
• Memilih makanan yang memiliki lemak rendah

Baca juga : inilah penyebab berat badan bertambah

2. Olahraga secara rutin


Olahraga menjadi cara ampuh menurunkan berat badan, karena aktivitas ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga berat badan hingga bisa menjaga kulit agar tetap kencang. Imbangi pola makan dengan olahraga secara rutin yang terbukti efektif dalam mengurangi lemak visceral.

Lakukan olahraga kardio seperti jogging, berenang, aerobic, bersepeda ataupun jalan santai selama 30 menit dalam rentang waktu 5 hari berturut turut yang terbukti efektif dalam menurunkan berat badan

3. Istirahat dengan cukup


Istirahat dengan cukup menjadi salah satu diet alami dalam menjaga berat badan agar tetap stabil, dikarenakan tubuh yang mendapatkan istirahat dengan cukup akan dapat mengontrol produksi hormon ghlerin yang memberikan efek lapar.

Oleh karenanya orang orang yang mengalami obesitas dan memiliki lingkar pinggang yang besar kerap mengalami masalah kurang tidur. Lemak visceral bisa hilang bila tetap menjaga pola hidup sehat .

sumber :
https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-visceral-fat-dan-cara-menghilangkannya
https://health.kompas.com/read/2022/05/05/160600568/bahaya-lemak-visceral-dan-cara-menghilangkannya?page=all
https://www.sehatq.com/artikel/visceral-fat
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/24147-visceral-fat
https://www.alodokter.com/5-manfaat-serat-untuk-kesehatan-tubuh-anda-dan-keluarga