Cara mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Memiliki tubuh yang ideal dan terhindari dari obesitas ataupun kegemukan menjadi dambaan bagi setiap orang, namun tak jarang seseorang mengalami kegemukan atau obesitas yang disebabkan oleh pola hidup sehat yang tidak tepat.

Untuk menurunkan berat badan sehingga tidak terjadi obesitas dapat dilakukan dengan beberapa hal, namun pada dasarnya tubuh yang gemuk menyimpan banyak lemak yang disebabkan asupan kalori secara berlebih, sehingga penting untuk menjaga asupan kalori agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

Asupan kalori yang tinggi tidak di barengi dengan olahraga secara teratur dapat menyebabkan penumpukan lemak,olahraga adalah salah satu cara untuk mengurangi berat badan secara alami dengan cara membantu tubuh untuk mengubah lemak yang terbukti efektif untuk mengecilkan badan. Dibawah ini ada sejumlah cara untuk menurunkan cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami.

1. Sarapan
Sarapan dapat membantu menjaga berat badan agar tetap terkontrol dengan baik, dikarenakan sarapan dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan sarapan sendiri akan memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, sehingga mampu meningkatkan konsentrasi disaat beraktivitas ataupun bekerja.

Usahakan sarapan dengan makanan yang tinggi akan protein dan mengandung karbohidrat kompleks seperti berikut ini.
- Telur
- Susu
- Brokoli
- Daging Sapi
- Nasi Merah
- Apel
- Beri Berian
- berbahan gandum

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya dapat menurunkan berat badan, berikut adalah jenis buah dan sayur yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.


- Alpukat
Alpukat sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, memiliki lemak sehat dan terdapat kandunga asam oleat tak jenuh tunggal, sehingga dapat mengurasi rasa ingin makan hingga 40% selama 3 jam. Selain itu alpukat sendiri memiliki kandungan serat dan air yang dapat membuat kenyang lebih lama.

- Kentang rebus
Selain menjadi pengganti nasi, kentang sendiri dapat membantu untuk menurunkan berat badan dikarenakan kentang sendiri menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama .

- Jamur
Jamur sendiri dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga metabolisme tubuh yang meningkat akan membantu tubuh dalam melakukan proses pembakaran lemak yang terdapat pada tubuh

- Kembang kol
phytonutrient sulforaphane kandungan yang terdapat pada kembang kol ini dapat membantu untuk menlancarkan pencernaan, selain itu kembang kol sendiri memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan menjadi salah satu sumber asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

- Labu
Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori pada labu ini akan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga asupan kalori dalam tubuh bisa berkurang.

- Wortel
Selain baik untuk mata wortel sendiri terbukti secara efektif dapat membantu menurunkan berat badan dikarenakan wortel memiliki kalori yang rendah dan tinggi akan serat.

- Asparagus
Asparagus sendiri memiliki kandungan yang bernama asparagine yang memberikan dampak baik untuk sel tubuh sehingga dapat membantu tubuh agar bisa membakar lemak dengan cepat

- Apel
Apel adalah salah satu buah yang mengandung banyak manfaat salah satu manfaatnya ialah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurasi rasa lapar dikarenakan zat serat larut air yang terkandung dalam apel. Apel ini baik di konsumsi sebelum makan.

- Pir
Buah pir adalah salah satu buah yang memiliki serat yang cukup banyak sehingga kandungan ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan memberikan manfaat kenyang lebih lama.
3. Olahraga Secara Rutin
Olahraga sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk turunkan berat badan.dengan melakukan olahraga secara rutin terbukti efektif untuk menurunkan berat badan, karna olahraga sendiri dapat menaikan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pada tubuh akan terus meningkat seiring meningkatnya metabolisme.
4. Perbanyak Minum Air Putih
Manusia sendiri terdiri dari 60% air yang artinya, air sendiri memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi tubuh. Asupan air yang cukup akan membantu tubuh untuk berkerja lebih baik dalam proses membakar lemak tubuh. Manfaat dari mengkonsumsi air putih untuk menurunkan berat badan diantaranya adalah
- Dapat meningkatkan metabolisme tubuh
- Mengurangi nafsu makan
- Mengurangi stress
- Mengurangi asupan kalori cair
- Menurunkan nafsu makan
5. Makanan Mengandung Tinggi Akan Serat
Serat yang terkandung di dalam makanan akan membantu penyerapan zat gizi sehingga dapat memperlambat pencernaan sehingga lambung tidak cepat kosong dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Makanan yang tinggi akan serat, diantaranya sebagai berikut
- Gandum
- Sayuran ( brokoli, kembang kol, kangkong, bayam, buncis, sawi hijau, daun singkong dan lain-lain)
- Buah-buahan ( alpukat, apel, pir, kacang almond, pisang, wortel,oat, ubi jalar, kacang polong,raspberry, kacang lentil, dan lain-lain)
- Kacang dan biji rami
5. Tidur Yang Cukup
Tidur dengan cukup dapat membantu menjaga hormon agar tetap stabil, jika kurang tidur sendiri akan mengakibatkan tubuh memproduksi hormon ghrelin yang dapat memberikan sinyal kepada otak rasa lapar dan sedikit memproduksi hormon leptin, yaitu hormone yang menimbulkan sesasi kenyang.
6. Hindari Makanan Sambil Beraktivitas
Makan sambal beraktivitas salah satunya menonton tv dapat memicu kegemukan dikarenakan saat makan dapat mengganggu fikiran seseorang, orang yang cenderung makan sambal menonton televisi tak menyadari berapa banyak makanan yang sudah masuk kedalam tubuh, sehingga akan menyebabkan orang tersebut tidak mudah merasa kenyang