Diastasis Recti, Penyebab Perut Tidak Mengecil Setelah melahirkan

Penulis: La Lumiere Aesthetics

Setelah melahirkan, bentuk tubuh wanita tidak serta-merta kembali ke bentuk semula, terutama bagian perut. Kebanyakan wanita mencoba cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan berbagai upaya, seperti berolahraga atau menjaga asupan makanan.


Biasanya, kenaikan berat badan yang wanita alami selama kehamilan dapat kembali menyusut setelah selesai melahirkan normal maupun operasi caesar.


Namun, Jika perut tidak kunjung mengecil seperti semula setelah si kecil lahir bahkan setelah waktu yang lama, mungkin Diastasis Recti lah penyebabnya.


Apa itu Diastasis Recti?



Pernahkah Anda mendengar istilah Diastasis Recti? Diastasis Recti adalah kondisi ketika dimana otot-otot pada perut mengalami pemisahan karena adanya tekanan yang terjadi di dalam perut. Secara lebih rincinya, diastasis recti adalah pemisahan abnormal pada otot perut terluar (six pack) yang disebut Rectus Abdominis. 


Otot tersebut teregang terlalu jauh sehingga kehilangan elastisitasnya dan kemampuannya untuk kembali seperti semula. Yang akhirnya membuat jarak tersebut tidak menutup secara sempurna. Hal ini terjadi secara alami untuk memberikan ruang bagi bayi.


Diastasis Recti sangat umum terjadi selama dan setelah kehamilan dan juga salah satu masalah yang kerap dikeluhkan ibu setelah melahirkan. Sebenarnya, apa penyebab diastasis recti dan bagaimana cara mengembalikannya seperti semula? Berikut ulasannya.


Apa penyebab Diastasis Recti?


Kehamilan memberi banyak tekanan pada perut sehingga terkadang otot-otot di bagian perut tidak dapat mempertahankan bentuknya. Sebanyak 70% ibu hamil nyatanya mengalami diastasis recti dengan tingkat keparahan beragam.


Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah berbagai faktor penyebab diastasis recti:


1. Memiliki riwayat kehamilan diastasis recti


2. Obesitas


3. Perempuan yang beberapa kali hamil


4. Kehamilan bayi kembar


5. Memiliki jarak kehamilan yang berdekatan


6. Berat janin besar


7. Ibu memiliki ukuran tubuh kecil dan otot perut lemah


Diastasis recti adalah kondisi yang tidak berbahaya, tetapi penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kondisi ini.


Bagaimana cara mengatasi Diastasis Recti?


Melakukan olahraga setelah melahirkan perlahan-lahan dapat membantu mengembalikan kekuatan otot perut. Anda bisa melakukan terapi fisik maupun yoga untuk memperbaiki kondisi perut akibat diastasis recti.


Namun, sebaiknya aktivitas fisik yang ingin Anda lakukan telah lebih dulu didiskusikan dengan dokter. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diastasis recti tidak semakin parah:


1. Hindari mengangkat benda atau barang yang lebih berat dari tubuh bayi


2. Usahakan berguling dulu ke samping saat bangun atau hendak duduk di tempat tidur


3. Lakukan latihan ringan dan bukan intens agar otot perut bagian dalam lebih kuat


4. Hindari melakukan gerakan seperti sit up dan pose yoga tertentu karena dapat memperburuk kondisi perut


Jika kondisi pemisahan perut atau diastasis recti dirasa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi atau pembedahan.




La Lumiere Aesthetics menawarkan treatment untuk mengatasi diastasis recti tanpa proses pembedahan. Dengan Treatment EmSculpt Neo, berfungsi untuk pembentukan otot dan menghilangkan lemak pada tubuh. Menggunakan teknologi yang dapat menghasilkan 25% extra pembakaran lemak dan 30% extra pembentukan otot hanya dalam waktu 30 menit. 


Proses tersebut menghasilkan penebalan dan penambahan serabut dan sel otot di dalam tubuh. Hasilnya setara dengan 20,000x sit-ups / squats / latihan otot lainnya tergantung area yang dikerjakan.


Sudah banyak orang yang mencoba treatment ini dan mendapatkan kembali badan yang ideal. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi La Lumiere sekarang juga dan nikmati pengalaman treatment yang berbeda dan tentunya lebih efektif untuk mengatasi segala permasalahan tubuh Anda.










Sumber :

https://id.theasianparent.com/diastasis-recti-adalah

https://www.bidankita.com/apa-itu-diastasis-recti/

https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/diastasis-recti-perut-tak-kempes/

https://www.pregnancybirthbaby.org.au/abdominal-separation

https://marketplus.co.id/2020/12/18/nurtura-hadirkan-teknologi-emsculpt-neo-pertama-di-indonesia/